, 10 Peluang Kerja 2023 yang Menjadi Tren di Indonesia, Anda Pilih yang Mana? - Info Kerja Baru

10 Peluang Kerja 2023 yang Menjadi Tren di Indonesia, Anda Pilih yang Mana?

10 Peluang Kerja 2023 yang Menjadi Tren di Indonesia. Photo pixabay.com

Jika Anda seperti saya, rencana 2023 Anda mungkin sudah ditetapkan. Anda sudah memiliki tujuan dan visi karier Anda untuk lima tahun ke depan, tetapi bagaimana dengan peluang lain yang mungkin muncul di sepanjang jalan? Nah, saya di sini untuk memberi tahu Anda bahwa ada banyak peluang! Meskipun beberapa teknologi (seperti mobil tanpa pengemudi) masih dalam tahap awal, namun teknologi lainnya sudah ada cukup lama untuk mengetahui bahwa akan ada lebih banyak lagi lowongan pekerjaan seiring berjalannya waktu - dan bukan hanya di bidang teknologi. Berikut adalah 20 pekerjaan yang menurut saya akan menjadi panas pada tahun 2023:

1. Pengembangan perangkat lunak

Pengembangan perangkat lunak adalah karier yang menggiurkan, dengan permintaan untuk pengembang perangkat lunak mencapai rekor tertinggi. Masalahnya, tidak ada cukup banyak orang yang memenuhi syarat untuk mengisi lowongan pekerjaan. Menurut beberapa laporan, mungkin ada sebanyak 1 juta pekerjaan IT terbuka pada tahun 2020 dan 3 juta pada tahun 2024. Dan dengan begitu banyak posisi yang tersedia, Anda bisa mendapatkan gaji yang lebih tinggi daripada posisi lainnya.

2. Drone

Drone digunakan untuk berbagai tujuan, seperti fotografi dan videografi, transportasi dan keamanan. Drone bisa dioperasikan oleh para profesional dan amatir.

Pada tahun 2023, drone akan dapat dikendalikan dari jarak jauh dengan smartphone atau tablet. Hal ini akan memudahkan orang yang tidak memiliki pengalaman dalam menerbangkannya untuk mengoperasikannya dengan aman tanpa harus melalui banyak pelatihan terlebih dahulu.

3. Teknik robotik

Robotika adalah bidang yang berkembang pesat, dan insinyur robotika sangat diminati. Karena teknologi di balik robot terus berkembang, begitu pula permintaan akan insinyur robotik. Faktanya, menurut survei Indeed terhadap lebih dari 3 juta lowongan pekerjaan dari semua industri di seluruh dunia, ada lebih dari 37% lebih banyak lowongan pekerjaan untuk insinyur robotika daripada jurusan ilmu komputer pada tahun 2018 saja!

Pekerjaan teknik robotik dapat ditemukan di banyak industri yang berbeda: manufaktur kedirgantaraan; manufaktur otomotif; manufaktur perangkat medis; manufaktur prostetik; robot industri (yang mencakup robot servis); sistem otomasi gudang (WAS); aplikasi kecerdasan buatan - dan banyak lagi! Sebagian besar pengusaha lebih suka mempekerjakan lulusan dengan gelar yang terkait dengan kebutuhan atau minat perusahaan khusus mereka daripada hanya gelar sarjana umum dari universitas di seluruh Amerika Utara (meskipun sebagian besar pelamar setidaknya memiliki pendidikan perguruan tinggi di bawah ikat pinggang mereka).

4. Pemasaran online

Pemasaran online adalah cara yang bagus untuk menghasilkan uang, dan tidak mengharuskan Anda menjadi ahli dalam bidang tertentu. Anda bisa membuat konten untuk audiens Anda, membuat blog tentang topik yang menarik minat mereka dan kemudian mempromosikan produk di media sosial. Anda juga bisa menjual produk Anda sendiri secara online atau mempromosikan produk afiliasi (yang akan saya bahas nanti).

5. Kedokteran

Salah satu pilihan karier terbaik yang bisa Anda buat adalah menjadi dokter. Ada banyak peluang bagi para dokter dan mereka memiliki keamanan kerja yang tinggi, yang berarti mereka akan dapat menafkahi keluarga mereka di masa pensiun. Dokter juga memiliki kesempatan untuk bekerja dengan profesional kesehatan lainnya, seperti perawat dan teknisi.

Kedokteran adalah bidang yang membantu orang setiap hari dengan memberi mereka perawatan medis saat paling dibutuhkan. Penting untuk diketahui bahwa menjadi seorang profesional medis membutuhkan lebih dari sekadar belajar keras di sekolah; itu membutuhkan kasih sayang, kepedulian, dan dedikasi untuk membantu orang lain mencapai potensi penuh mereka atau pulih dari penyakit atau cedera.

6.  Dokter robotika

Dokter robotika adalah seorang profesional medis yang berspesialisasi dalam studi dan penerapan robotika. Para dokter ini dapat membantu diagnosis dan perawatan pasien, serta pembedahan. Mereka juga memiliki berbagai keterampilan yang memungkinkan mereka bekerja dengan robot selama operasi atau prosedur medis lainnya.

7. Pencetakan 3D

Pencetakan 3D adalah proses pembuatan objek tiga dimensi dari file digital. Ini digunakan di banyak industri termasuk manufaktur, arsitektur, teknik dan konstruksi.

Pada tahun 2017 saja ada lebih dari 8 juta unit yang terjual di seluruh dunia dengan tingkat pertumbuhan lebih dari 30% per tahun.

8. Pengembang realitas virtual

Realitas virtual adalah lingkungan yang dihasilkan komputer yang dapat mensimulasikan kehadiran fisik di tempat-tempat di dunia nyata atau dunia khayalan dan memungkinkan pengguna untuk berinteraksi dengannya. Pengembang realitas virtual membuat aplikasi realitas virtual, yang dapat berkisar dari aplikasi perangkat lunak hiburan kecil hingga video game berskala besar.

Realitas virtual telah digunakan selama beberapa dekade oleh organisasi militer seperti NASA, pusat pelatihan militer, dan laboratorium penelitian; namun, baru-baru ini saja perusahaan-perusahaan mulai mengembangkan produk berorientasi konsumen seperti headset untuk video game (seperti Oculus Rift) dan head mounted display (HMD).

9. Perancang mobil tanpa pengemudi

Tugas perancang mobil tanpa pengemudi adalah membuat desain yang dapat dilakukan oleh komputer, tanpa keterlibatan manusia. Ini berarti Anda tidak perlu khawatir tentang berada di belakang kemudi atau memastikan mobil Anda tidak melaju terlalu cepat saat mengemudi. Tanggung jawabnya meliputi:

  • Sketsa dan gambar

  • Membuat prototipe untuk tujuan pengujian

  • Menguji berbagai desain yang berbeda pada berbagai jenis jalan (dengan kondisi cuaca yang bervariasi)

10. Manajer keuangan

Manajer keuangan bertanggung jawab atas manajemen keuangan organisasi. Mereka mengawasi anggaran, penggajian, pajak, asuransi dan investasi. Para profesional ini sering kali memerlukan gelar sarjana dalam administrasi bisnis atau akuntansi.

Manajer keuangan bekerja dengan eksekutif senior untuk mengembangkan rencana strategis yang memenuhi tujuan perusahaan sekaligus memenuhi persyaratan peraturan. Mereka mungkin juga terlibat dalam transaksi merger dan akuisisi (M&A) karena mereka membantu menentukan produk / layanan mana yang akan dijual ketika entitas yang ada mengakuisisi perusahaan atau unit bisnis lain dalam organisasinya sendiri; Proses ini dikenal sebagai divestasi ketika melibatkan penjualan aset seperti mesin yang digunakan untuk tujuan manufaktur seperti pabrik baja di mana tidak ada banyak permintaan lagi, terima kasih sebagian besar karena persaingan asing yang ikut bermain selama periode waktu sejak dekade terakhir sehingga sekarang pangsa pasar global telah bergeser dari pantai AS menuju China di mana biaya tenaga kerja lebih rendah dari kita sehingga perusahaan harus menemukan cara mengatasi tantangan ini sehingga mereka mungkin memiliki peluang yang lebih baik untuk bertahan hidup...

Kesimpulan: Ada banyak peluang untuk Anda di tahun 2023, jadi manfaatkanlah sebaik-baiknya!

Jika Anda ingin memanfaatkan karier Anda sebaik-baiknya, ada banyak peluang bagi Anda di tahun 2023. Semakin banyak Anda belajar tentang apa yang terjadi di bidang Anda dan bagaimana hal itu dapat memengaruhi orang lain, semakin banyak pilihan yang akan terbuka untuk Anda. Jika sesuatu kedengarannya tidak sesuai dengan minat atau bakat yang Anda miliki, cobalah aspek lain dari subjek yang sama - Anda tidak pernah tahu kapan kesempatan akan datang di mana itu hanya klik!

Anda tidak perlu tahu persis jenis peluang kerja apa yang ada di luar sana saat ini; sebaliknya, fokuslah untuk belajar sebanyak mungkin dari orang lain yang telah sukses dalam karier pilihan mereka selama beberapa dekade terakhir (dan seterusnya). Ketika tiba saatnya untuk memilih jalur karier mana yang harus kita ambil pada dekade berikutnya, maka beritahu kami di halaman contact kami. 

Saya harap artikel ini telah memberi Anda beberapa gagasan tentang apa yang akan terjadi pada tahun 2023. Saya tahu betapa sulitnya mengikuti semua tren masa depan ini, jadi memiliki gambaran umum tentang tren-tren yang tampaknya paling mungkin terjadi dapat membantu memandu penelitian Anda dan memastikan Anda tidak melewatkan apa pun! Jika ada topik yang saya lewatkan atau jika ada pekerjaan hebat yang harus kami tambahkan, beri tahu saya di komentar di bawah.

Next Post Previous Post