, Kuwait Buka Lowongan Kerja untuk Warga Indonesia - Info Kerja Baru

Kuwait Buka Lowongan Kerja untuk Warga Indonesia

Menara air, salah satu ciri khas kuwait. Photo pixabay

INFO KERJA BARU- Pada tahun ini Kuwait tengah membuka banyak lowongan kerja di negaranya. Lowongan kerja tersebut terbuka untuk warga negara Kuwait sendiri maupun untuk pekerja asing yang sedang membutuhkan lowongan pekerjaan. 

Belum lama ini setidaknya ada dua perusahaan terpenting di Kuwait telah membuka lowongan pekerjaan untuk sekitar 250 tenaga kerja Indonesia (TKI) yang ingin bekerja di industri perhotelan, Restaurant, dan Kafe.

Kedua perusahaan tersebut membuka bahkan melaksanakan proses rekrutmen selama sebulan penuh di Jakarta, Lombok dan Ba,i, 29 Mei 2022 hingga 2 Juni 2022.  

Perusahaan pertama yang menemukan banyak tenaga kerja adalah Division Alghanim Industries F&B. Perusahaan ini telah merekrut setidaknya 200 TKI. 

Sementara itu perusahaan ke-2 adalah New Grand Haytt Hotel Kuwait yang membuka lowongan untuk 50 TKI.

Penerimaan serta penyeleksian 200 PMI dilaksanakan lewat pola P to P di antara Alghanim Industries (Costa Coffee dan Wendys) dengan PT Alwihdah Jaya Sentosa dilaksanakan di Jakarta pada 29 Mei 2022, Bali pada 30-31 Mei 2022, dan Lombok 1 Juni 2022 kemarin.

Sementara penyeleksian P to P antara New Grand Haytt Hotel Kuwait dengan PT Alqurny Bagas Pratama untuk keperluan 50 PMI diadakan di Bali pada 30-31 Mei 2022, dan Jakarta pada 2 Juni 2022.

Pembukaan lowongan kerja ini langsung mendapat tanggapan dari Dirjen Binapenta dan PKK Kemnaker, Suhartono. Ia mengatakan bahwa sebelum lowongan kerja untuk tenaga medis (nakes) dua bulan lepas, sekarang Kuwait telah membuka peluang kerja kembali untuk karyawan untuk 250 orang TKI.

"Upah untuk TKI yang bekerja di Kuwait paling prospektif untuk diingat oleh dua perusahaan besar yang diatur secara profesional. Dia mengharap TKI yang sudah disaring di Indonesia sudah memenuhi kapabilitas yang diperlukan pasar global, terutama di Kuwait," tutur Suhartono, dalam info yang diterima di Jakarta, Mei 2022.

Ia juga menambahkan, bahwa rekrutmen tenaga kerja atau terbukanya kesempatan kerja di Kuwait ini searah dengan program Sembilan Lompatan Besar Kemnaker yaitu alih-alih bentuk program peluasan kesempatan kerja dan peluasan pasar kerja di luar negara.

Program Sembilan Lompatan Besar Kemnaker dimaksud terdiri dari alih bentuk BLK, link and match ketenagakerjaan, alih bentuk program peluasan kesempatan kerja, peningkatan bakat muda, peluasan pasar kerja luar negeri, misi baru jalinan industrial, reformasi pemantauan, ekosistem digital SIAPKerja dan reformasi.

Ditempat terpisah Atase Ketenagakerjaan (Atnaker), Ratna Sari Dewi menjelaskan bahwa kedua berkomitmen untuk memberikan dukungan program Sembilan Lompatan Besar Kemnaker dengan melakukan promo peluasan kesempatan kerja untuk PMI di Kuwait. Ratna memandang, kemajuan ekonomi yang tinggi di sejumlah negara peletakan TKI untuk memacu peningkatan keperluan tenaga kerja di Hotel, kafe, dan restoran.

"Ini menjadi parameter jika keperluan tenaga kerja profesional di hotel, restoran, kafe, tinggi sekali secara global," tegasnya.

Ia mengharap kemampuan beberapa calon TKI betul-betul profesional untuk dapat ditukarkan secara global. Dimana karyawan Indonesia lebih disukai menyukai karyawan lain, karena karyawan dari Indonesia ramah dan rajin, hingga mudah menyesuaikan diri dengan lingkungan kerja yang baru.

Next Post